18 September 2009

biaya mutasi, balik nama BPKB dan perpanjang STNK

waahhh
sudah lama nih saya ga menulis d blog, kayanya sudah banyak banget yang mau disampein ke temen2 semua.

tapi mungkin ini informasi yang paling penting buat temen.
jadi ceritanya gini :

setahun yg lalu, sekitar bulan oktober 2008 saya membeli sepeda motor bekas dari seseorang, merek nya bajaj pulsar 180. nah selang setahun kemudian, tepatnya tanggal 6 september 2009 kemarin pajaknya habis.

mulailah di pikiran saya beberapa pertimbangan, apa mau perpanjang saja pajaknya atau sekalian balik nama BPKB nya.

setelah pemikiran 7 hari 7 malam, akhirnya saya memutuskan buat sekalian balik nama kendaraan. sampai saat itu saya tidak tahu sama sekali tentang tatacara proses baliknama BPKB.

ternyata eh ternyata, proses nya sangatlah ribet dan biayanya lumayan mahal bagi saya..(mohon dicatat, saya mengurus proses ini sendiri, tidak lewat calo).

pertama-tama saya harus cek fisik kendaraan saya (di SAMSAT manapun bisa, saya mengecek fisik kendaraan saya di SAMSAT BY PASS karena dekat dengan kantor saya)

setelah itu saya harus melakukan MUTASI dengan cara mencabut berkas dari kantor SAMSAT dimana motor itu tercatat dalam STNK (kebetulan motor saya tercatat di kantor SAMSAT daan mogot jakarta barat) kemudian membawanya serta memasukkannya ke kantor SAMSAT tujuan (dalam kasus saya, saya pindahkan ke SAMSAT Depok, karena domisili KTP saya Depok)

setelah berkas masuk, maka saya langsung pula sekalian memperpanjang pajak dan STNK saya di SAMSAT depok. kemudian menunggu proses balik nama BPKB di POLDA selama lebih kurang seminggu

jika melihat urutan proses di atas mungkin tidak terlalu ribet seperti yang saya katakan di awal, tapi masalah muncul ketika semua proses di atas itu tidak bisa diseleseikan dalam satu hari. jadi bisa temen-temen bayangkan gimana rasanya bolak-balik daan mogot-depok yang jaraknya sekitar 60 km plus macetnya yang gila-gilaan.

untuk proses pencabutan berkas di SAMSAT daan mogot saya harus bolakbalik 2 x, karena hari pertama saya mengisi form pencabutan berkas, besoknya berkas baru bisa di ambil.

pada hari kedua saat saya mau mencabut berkas di SAMSAT daan mogot pun saya harus menunggu berjam-jam hanya di bagian fiskal saja, itu terjadi karena saya tidak memberi uang Rp. 10.000 kepada petugas fiskalnya, hal tersebut saya sadari karena ketika saya memberikan uang Rp. 10.000 agar dipercepat, saat itu juga lah berkas saya ternyata sudah selesai, dalam hal ini saya tidak tahu deh tuh uang Rp. 10.000 masuk kantong siapa. kenapa petugas itu tidak bilang aja dari awal. hufft kesal deh rasanya.

tapi rasa kesal itu mulai terobati ketika saya datang ke SAMSAT depok, karena prosesnya sedikit lebih cepat dan tidak bertele-tele.

sehingga kalau di total, lama pengurusan cek fisik, mutasi, baliknama BPKB dan perpanjang pajak motor dan STNK serta penggantian no plat baru, memakan waktu selama lebih kurang seminggu hari kerja.

untuk biayanya sendiri yang terasa cukup mahal bagi saya adalah mencapai Rp. 700.000 lebih kurang.

biaya ini mungkin berbeda-beda dengan yang lain, karena biaya didasarkan dari tahun pembuatan kendaraan serta besar atau kecilnya kapasitas mesin (CC) dari kendaraan tersebut. dalam hal ini kendaraan saya adalah motor bajaj pulsar 180 tahun 2007.

sekarang saya sudah plong, semua surat-surat sudah selesai, itu berarti pula nih motor sudah benar-benar milik saya pribadi, alhamdulillah....^_^

pesan saya ke teman2 semua yang mau ngurus sendiri proses2 seperti saya diatas, lebih gampangnya liatin aja gerakgerik calo yang banyak seliweran di kantor SAMSAT. kalau mereka ngasih uang Rp. 5.000 atau Rp. 10.000 kemudian dokumen jadi cepet di urus, langsung deh ikutan bayar, daripada jadi kesel hati karena nunggu kelamaan.

buat pak polisi terutama Pak KAPOLRI Bambang Hendarso atau siapapun yang nanti menjabat sebagai KAPOLRI, mohon perhatiannya pada hal pengurusan dokumen seperti ini. karena kami selalu menantikan layanan yang terus dibenahi dari pihak kepolisian RI demi citra polisi yang makin membaik kedepannya. terimakasih ya pak.

3 komentar:

dx mengatakan...

WES MUTASI LARANG SETENGAH MODAR,ISIH DI CALO... NEGORO OOPO IKI.. KERE MANGAN KERE...

Bambang mengatakan...

tulah...gara2 susah balik nama ampe sekarang motorku bodong,..belum bisa bayar pakak... kasian deh aku..

aswir mengatakan...

payah emang nih, mau taat pajak aja susah, mutasi, balik nama mahal & ribet. bener2 gila emang.
mestinya mengurus gitu2 tuh online 1 hari selesai