12 Mei 2009

pagi yang sibuk

wow
selasa ini berbeda dengan hari sebelumnya bagi saya, itu karena hari ini ujian praktek bagi murid-murid saya mulai berlangsung. so, pagi-pagi saya sudah harus menyalakan ruangan lab komputer untuk bisa dipakai mereka nanti tepat jam 07.30

ujian yang saya berikan berkaitan dengan Ms. Word, Ms. Excel, dan internet. sebenarnya saya lebih menyukai program open source seperti open office ketimbang microsoft office, namun apa daya, sistem pendidikan di indonesia khususnya bagi pelajar SD-SMA lebih memilih software-software dari microsoft sebagai kurikulum pembelajarannya. padahal, hal tersebut memicu pembajakan software makin marak di Indonesia.

tapi tak apa, semoga pemerintah kita segera erbuka matanya, karena dalam menyelesaikan masalah itu jangan dari hilir nya saja tapi hulu juga harus di benahi. coba bayangkan, jika semua sekolah dan rumah di Indonesia menerapkan software open source, tentu tak ada gunanya para pembajak software itu terus beroperasi, karena masyarakat bisa mendapatkan software asli secara cuma-cuma. sedangkan kantor-kantor dan pabrik umumnya sudah membeli produk software asli sehingga bukanlah sasaran pasar para pembajak software.

jadi, semoga tulisan ini bisa mendorong dan membuka pandangan pemerintah pada umumnya dan mendiknas pada khususnya untuk segera memberlakukan sistem baru dalam pembelajaran negara ini.

terima kasih.

0 komentar: