04 Juli 2009

andi malarangeng salah bicara atau....?

yupz
tema di atas memang patut dipertanyakan, bagaimana bisa andi malarangeng yang seorang juru bicara presiden sekaligus tim sukses salah satu capes bisa berkata seperti itu?

bagi pembaca yang belum mengetahui akar permasalahan berita ini, saya akan jelaskan dengan singkat. jadi, pada suatu acara resmi (saat kampanye kalau tidak salah) baru-baru ini, andi malarangeng mengatakan bahwa "saat ini belum saatnya bagi putra sulawesi selatan untuk menjadi presiden". pernyataan tersebut kontan langsung menyulut emosi dan reaksi keras masyarakat se-sulawesi selatan. bagaimana tidak, dengan pernyataan tersebut berarti andi malarangeng telah menganggap putra Sulsel saat ini tidak memiliki kualitas untuk menjadi seorang pemimpin, bukankah hal tersebut adalah tindakan yang sangat rasialis. bahaya sekali jika hal seperti ini didiamkan, karena dapat memicu terjadinya konflik kedaerahan yang berujung pada perpecahan negara Republik Indonesia.

namun, dalam hal ini saya mencoba memahami posisi andi malarangeng saat itu. mungkin saja saat itu dia sedang salah bicara atau kita biasa bilang keseleo lidah, artinya tidak disengaja. menurut saya pernyataan itu awalnya mungkin ingin dilancarkan kepada capres JK yang memang berasal dari Sulawesi Selatan. akan tetapi dia salah berbicara dengan malah membawa-bawa warga Sulawesi Selatan seluruhnya, diakui atau tidak oleh pihak andi malarangeng, tetapi memang kata-kata seperti itu yang keluar dari mulutnya.

sekarang anggaplah andi malarangeng salah bicara. masalahnya, mengapa hal itu tidak mau diakui saja olehnya dan segera meminta maaf secara terbuka dihadapan pers yang ditujukan kepada seluruh rakyat Sulsel. saya rasa jika hal itu dilakukan, akan lebih terhormat baginya dan masalahpun tidak akan menjadi panjang. bukannya malah tetap bersikeras membela diri.

bukankah seorang ksatria sejati itu harus memiliki sikap tidak malu untuk meminta maaf.

0 komentar: